Friday, May 10, 2024

Main ke Batu Caves dan Genting Highlands

Assalamu'alaikum^^

Well, rasanya belum sah ke Malaysia kalau belum ke Batu Caves dan Genting Highlands. Mumpung hari ini cerah seperti suasana hatiku, aku bakal main ke dua tempat wisata ini. Sebelum berangkat, aku sarapan nasi lemak dan laksa. Ternyata laksa enak banget ya. Kalau nasi lemak rasanya biasa aja. Padahal yang dijual Uncle Muthu keliatan enak deh.

Jarak dari Kuala Lumpur ke Batu Caves sekitar 15 km. Aku menggunakan bus dan menempuh perjalanan selama 20 menit. Untung aja aku ke sininya pagi, jadi nggak terlalu panas. Walau masih pagi, pengunjungnya lumayan banyak. 

Batu Caves adalah bukit batu kapur yang di dalamnya ada kuil dan merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu. Tapi tenang aja, tempat ini terbuka buat umum kok. Aku ngeliat banyak banget wisatawan asing di sini. Banyak juga orang India asli yang pakai sari.

Finally aku bisa ngeliat langsung patung Dewa Murugan tertinggi di dunia. Tingginya 42,7 meter berwarna emas. Agak PR sih foto di depan patung ini karena banyak orang berlalu-lalang dan banyak burung berterbangan. 



Nah, setelah berkeliling, I found another spots yang nggak terlalu ramai dan keren banget buat fotoan. 




Aku tuh takjub liat ukiran-ukiran patung dan kuil di sini. Rapi dan detail banget. Warnanya juga eye-catching. Aku bersyukur ke sini pakai outfit yang ada warna merahnya. Berasa cocok aja gitu sama background-nya.

Oh ya, di atas juga ada kuil, tapi untuk ke sana pengunjung harus menaiki 272 anak tangga berwarna pelangi. Tentu saja aku nggak sanggup. Selama di Malaysia, aku jalan kaki more than 10K steps a day. Kalau aku maksain diri untuk naik tangga, aku takut tepar dan besok nggak kuat jalan kaki lagi, huhu.

Selain kuil, di sini juga ada restaurant dan toko yang menjual makanan, minuman, dan souvenir. Ada toilet juga dan mesti bayar 50 sen kalau mau pakai toiletnya. Toiletnya so so sih. Saranku, selalu sediain tisu kering, tisu basah, sabun cair travel size, dan handsanitizer kalau lagi jalan-jalan di mana pun (either di Indonesia or luar negeri). 

Setelah puas keliling dan foto-foto di Batu Caves, aku lanjut ke Genting Highlands menggunakan bus lagi. Perjalanan ke Genting sekitar 1 jam. Pemandangan sepanjang jalan tuh seger banget! Hijau-hijau everywhere.

Sampai di Genting, tentu yang harus dicoba adalah naik cable car alias gondola. Syukurnya hari ini cerah, view-nya bener-bener cakep! Minggu lalu temen-temen kuliahku pada ke sini juga dan kulihat di story mereka, view-nya nggak kelihatan karena ketutup kabut. Anyway di Genting lumayan dingin. Better bawa jaket atau sweater



Banyak pengunjung yang nyetop di Chin Swee Temple. Sebenarnya aku penasaran juga pengen ke sana, tapi aku memutuskan untuk lanjut naik ke mall-nya. 

I don't know was it a right or wrong decision karena ternyata di sini ramaiii bangettt! Orang-orang pada ngapain sih? Wkwk. Seramai itu, shay. Pengunjung terbanyak adalah orang China. Orang India, Melayu, dan negara lain bisa dihitung jari kali ya. 



Banyak wahana di sini, tapi aku males main. Aku laper dan memutuskan untuk makan aja. Trus udah deh, keliling-keliling dan belanja dikit. Kurang seru sih sebenarnya, haha. Entah, mungkin karena di sini terlalu ramai, aku jadi kurang semangat explore-nya. Menjelang sore aku balik ke bawah pakai cable car lagi. 

Besok main ke mana lagi, ya?