Monday, July 13, 2015

Wisuda Penuh Dilema

Assalamu’alaikum^^

Kalo di postingan sebelumnya saya bahas yudisium, maka di postingan ini saya bakal bahas wisuda. Katanya, yudisium itu ibarat akad nikah, dan wisuda itu ibarat resepsinya. Kalo akad nikah kan wajib dilaksanain. Kalo resepsi? Yaaa, tergantung kesepakatan keluarga kita aja, Mas. *plakkk* Kalo resepsi sih setau saya nggak mesti dilaksanain.

Beberapa hari yang lalu, saya mengalami peristiwa yang unbelievable, unpredictable, dan unforgettable terkait acara wisuda yang udah saya tunggu-tunggu dengan sabar dan jantung berdebar-debar. Toga udah siap, dress udah siap, dan bahkan mas pendamping wisuda keluarga saya pun udah sangat siap. Tinggal nunggu pelaksanaan wisudanya aja nih di tanggal 27 Juni 2015.

Tapi… di H-2 acara wisuda, muncullah kabar yang mengejutkan dan menggemparkan. Ternyata wisuda yang mestinya dilaksanakan tanggal 27 Juni 2015 diundur ke 4 Juli 2015. Temen-temen banyak yang kecewa. Saya sih nggak kecewa. Mungkin karena udah terlalu sering dikecewain, makanya saya ngerasa biasa aja :')

Tanggal 27 Juni 2015, badan saya demam secara tiba-tiba. Well, cinta aja bisa datang secara tiba-tiba, apalagi sakit yang lumrah dialami semua manusia. Demamnya bukan demam biasa. Kata temen-temen sih ini demam wisuda. Demam yang muncul akibat wisuda yang tiba-tiba diundur.

Nggak cuma demam tinggi, tiba-tiba aja maag saya juga kambuh. Saking sakitnya, saya sampe nggak sadarkan diri. Tiba-tiba aja saya udah terkapar nggak berdaya di UGD sebuah Rumah Sakit di Mataram (sebut aja namanya Rumah Sakit X). Padahal saya paling anti sama Rumah Sakit. Menurut saya, Rumah Sakit adalah tempat yang penuh dengan penyakit *yaiyalah* Kalo ke Rumah Sakit tuh bawaannya pengen pake masker, jaket tebel, atau pake baju astronot sekalian. Bau dan suasana di sana persis kayak hubungan kita yang sekarang, bikin nggak nyaman :'(

Akhirnya saya pun diperiksa, disuntik, dan diinjeksi. Sakit sih, tapi nggak sesakit pas ditinggalin doi tanpa alasan dan kejelasan. Udah berdo'a banget supaya nggak diopname. Diopname itu nggak enak. Yang enak itu bebek bakar sambal mangga muda sama bebek geprek sambal ijo yang pedesnya ekstra *ngiler*

tepar_nggak_berdaya_1.jpeg

Dokter pun memutuskan kalo saya nggak perlu diopname karena sakitnya baru sehari. Kami sekeluarga pun pulang dengan senang hati. Tapi kesenangan ini nggak berlangsung lama. Demam dan maag saya masih aja berasa. Malah tiap saya minum obat-obatan yang dikasih dokter, saya muntah-muntah terus. Bisa lebih dari 8 kali dalam sehari. Ngeriii. 

Karena kondisi saya nggak kunjung membaik, tanggal 1 Juli 2015 saya dibawa lagi ke UGD Rumah Sakit X tersebut. Jelas dalam keadaan tepar nggak berdaya lagi. Setelah menceritakan apa yang terjadi selama beberapa hari, dokter pun menjelaskan kalau ternyata salah satu obat yang saya konsumsi (obat untuk meredakan nyeri di tulang akibat demam) emang berefek sebagai pencetus asam lambung (kurang lebih gitu penjelasannya), makanya maag saya makin parah dan sehabis makan selalu muntah. Terus ngapain kemarin dokternya ngasih obat begituan coba. Kzl -_-

Dan lagi, saya disuntik, diinjeksi, dan diambil darah untuk diperiksa di laboratorium. Hasil laboratoriumnya cukup melegakan. Terus sama dokternya dikasih obat demam (obat yang sama kayak yang sebelumnya, tapi dosisnya dinaikin) sama suplemen penambah nafsu makan.

Sampe rumah, saya langsung makan dan minum obat-obatan yang dikasih dokter. And you know apa yang terjadi, saya mengalami prosesi muntah-muntah yang lebih parah lagi. Entah berapa kali. Sampe rasanya seluruh tenaga yang saya punya bener-bener ditarik dari tubuh ini. Orang tua saya makin panik. Selama ini maag saya emang sering kambuh, tapi belum pernah separah ini.

Besoknya (2 Juli 2015), saya dibawa lagi ke Rumah Sakit yang beda, yaitu Rumah Sakit di deket rumah yang selama ini sering dipandang sebelah mata oleh orang tua saya. Orang tua saya udah terlalu kecewa sama Rumah Sakit X yang kami datangi sebelumnya. Padahal Rumah Sakit X itu adalah Rumah Sakit yang dulunya sering dibanggain orang tua saya karena dianggap memiliki pelayanan terkeren di Mataram. Ternyata gitu ya, ada kalanya sesuatu yang terlalu kita banggakan akan mengecewakan :')

Nyampe di sana, saya langsung diperiksa dokter. Demam udah turun, cuma maag doang yang masih berasa. Saya pun disuntik, diinjeksi, dan diambil darahnya lagi. Dokternya pun memutuskan kalau saya harus diopname. Saya pasrah aja. Rasanya bener-bener nggak berdaya. Tangan kanan saya pun diinfus dengan cantiknya.


Setelah beberapa jam pake infus, saya nggak mual-mual lagi. Malah rasanya baper laper terus. Alhamdulillah, tiap kali makan, nggak ada tragedi muntah-muntah kayak sebelumnya. Malah saya udah bisa ketawa-ketawa dengan riang gembira pas dijengukin keluarga.

Kata dokter, tanggal 3 Juli 2015 saya udah bisa pulang ke rumah. Seneng dong. Artinya saya bisa ikutan wisuda tanggal 4 Juli 2015. Tapi ternyata realita berbeda dengan ekspektasi saya. Dokternya bilang kalo saya nggak boleh ikutan wisuda. Harus istirahat di rumah aja.

Sedih sih nggak bisa ikutan wisuda. Berbagai pihak menyemangati saya dengan mengatakan saya udah jadi sarjana walaupun nggak ikutan wisuda. Iya, setelah yudisium emang resmi jadi sarjana. Tapi momen yang ditunggu-tunggu kan wisuda. Pengen banget groufie bareng temen-temen pake toga, trus pengen juga fotoan di studio bareng keluarga :')

Tapi ya udah lah yaaa, jelas kesehatan jauh lebih penting daripada wisuda. Kayak yang saya bilang di awal tadi, wisuda itu ibarat resepsi. Banyak kok orang yang nikahan tapi nggak ngadain resepsi. Ya, kan? Yang penting saya udah sah jadi sarjana dan udah punya gelar di belakang nama. Hahahahaha.

Mulai sekarang, saya bakal jaga kesehatan. Nggak lagi deh telat makan atau makan makanan sembarangan. Alhamdulillah, sekarang keadaan saya sudah sangattt membaik. Udah boleh puasa. Udah boleh keluar rumah juga. Malah udah sibuk nyari info S2 dan lowongan kerja. Entah ke depannya saya bakal memutuskan untuk lanjut kuliah atau kerja. InsyaAllah bakal saya ceritain di postingan selanjutnya.

CONGRADUATION, GAESSS!!!


No comments:

Post a Comment

Hai, guys. Tinggalin komentar di sini, ya. Yang punya blog lagi jumpa fans di luar angkasa.