Monday, June 22, 2015

Tentang Skripsi

Assalamu'alaikum^^

Kalau aja blog ini adalah jelmaan cowok tampan dan mapan, mungkin blog ini udah saya ajakin nikah dari kemarin-kemarin. Ya abisnya, walaupun sering banget saya tinggalin, tapi si blog masih tetep aja setia nungguin. *ketjup blog*

Tanpa terasa, ternyata blog ini udah cukup lama menjadi saksi bisu perjalanan saya. Sejak saya masih berstatus abege alay yang baru lulus SMA, sampai sekarang saya sudah menjadi wanita anggun dan cantik yang bakal diwisuda. Yes, wisuda dari universitas tercinta. Nggak nyangka :’)

Skripsi yang dianggap sebagai momok(?) menakutkan oleh sebagian orang, ternyata berhasil saya taklukkan. Saya sadar, skripsi nggak semengerikan yang orang-orang sering katakan. Skripsi itu gampang. Yang susah itu ketemu dosen untuk bimbingan. Haha.

So, skripsi saya ini isinya tentang bagaimana mengajar siswa kelas VII SMP menggunakan multimedia dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar mereka. Multimedia yang bakal saya gunakan harus berisi gambar, animasi, dan juga suara. Materi yang saya ajarkan transformasi. Ngurus proposal skripsinya sih lumayan bentar, sekitar 3 bulan (Januari – Maret, termasuk pengerjaan + konsul + seminar proposal). Yang lumayan lama bikin multimedianya. FYI, saya bakal bikin multimedia pake Macromedia Flash 8. Dan cerobohnya, saya milih Macromedia Flash 8 ini tanpa pertimbangan.

Waktu pertama kali konsul judul, dosen pembimbing 1 nanya multimedia pembelajarannya bakal dibikin pake apa. Dengan mantap dan muka songong saya jawab,"Macromedia Flash 8, Bu..."

Padahal saya nggak tau apa-apa tentang Macromedia. Bahkan di laptop saya pun nggak ada aplikasinya. Modal milih Macromedia hanya karena ada kakak senior di bimbel (Kak Akbar) yang jago banget bikin media pembelajaran pake Macromedia, jadi saya berniat untuk minta diajarin sama dia. Entah apa yang membuat saya berpikir kalau Macromedia Flash 8 itu gampang. Entah apa apa yang membuat saya berpikir bisa mempelajari Macromedia Flash 8 hanya dalam waktu sebentar, padahal Kak Akbar aja mempelajarinya berbulan-bulan. 

IMHO, ternyata Macromedia Flash 8 itu susah. Sempet rasanya pengen nyerah. Mau ganti judul ajaaaaah. Tapi dosen pembimbing 1 dan 2 tetep menyemangati dan nggak ngijinin untuk ganti judul. Akhirnya... multimedia saya pun jadi dalam waktu yang lebih lama daripada pengerjaan proposalnya. Haha. Ini cuplikan multimedia yang saya pake untuk penelitian :




Setelah seminar proposal, saya langsung ngurus surat izin penelitian. Selama bulan April, saya penelitian di sekolah. Bulan Mei bener-bener fokus untuk konsul hasil penelitian doang. Awal Juni, saya pun memantapkan hati untuk daftar ujian skripsi. Rasanya semua proses yang saya jalani ini sangatttttt dimudahkan. Dari dosen pembimbing yang sangat mendukung supaya cepet ujian, pihak akademik kampus + jurusan + prodi yang nggak pernah mempersulit segala urusan, dan juga temen-temen yang selalu ada ketika saya butuh bantuan.

Jum’at, 5 Juni 2015 pukul 09.00 WITA, saya ujian skripsi dan diuji sama dosen paliiiing ketje se-FKIP. Pertanyaan-pertanyaan dari beliau lumayan ngeri. Yah, intinya saya lulus ujian. Alhamdulillah.

Selasa, 16 Juni 2015 saya ikutan yudisium di kampus. Bangga rasanya bisa jadi salah satu mahasiswa FKIP angkatan 2011 yang yudisium di bulan Juni 2015 :')

Oh ya, ternyata banyak yang nggak tau kalo urusan skripsi saya udah kelar. 

"Loh, Eva udah ujian?"
"Astaga... Si Eva udah yudisium aja. Nggak ada kabar sih gimana ngerjain skripsinya..."
"Cieee udah S.Pd. Cepet bangettt. Malah sempet mikir Eva belum ngurus skripsi sama sekali..."

Banyak yang berkomentar begitu. Kebanyakan temen lama dan temen beda jurusan. Ini semua karena saya nggak pernah bikin PM/status/tweet terkait skripsi. Eh, pernah sih beberapa kali. Tapi tweet lucu-lucuan doang, bukan tentang bagaimana perjuangan saya ngerjain skripsi. Saya emang bertekad dari awal untuk nggak bikin PM/status/tweet tentang skripsi, apalagi yang galau-galau. Ada Allah tempat mengadu dan meminta apa saja, kenapa harus curhat ke socmed dan memamerkan kegalauan kita pada dunia? Solat, ngaji, berdo'a. Pasti Allah akan mudahkan apa yang sedang kita lakukan. *Duh, va*

"Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan."
(QS. 94: 6)

"Dan kepada Tuhanmu lah hendaknya kamu berharap."
(QS. 94: 8)

Jangan lupa minta restu sama orang tua. Minta dido'ain juga. Dari jaman masih TK sampai sekarang udah remaja (ehemmm anggap aja remaja -_-), saya tetep curhat apaaaaa ajaaaa ke orang tua, termasuk saat lagi ngerjain skripsi ini. Mereka selalu nanyain perkembangan skripsi saya setiap hari. Dikasih motivasi, dido'ain, disemangatin. Orang tua jadi salah satu alasan kenapa saya berusaha cepet-cepet wisuda. Pengen bikin mereka bangga. *asiiiikkkk*

Udah gitu, banyak yang ngira pengerjaan skripsi saya ini mulus-mulus aja. Padahal butuh perjuangan juga. Penelitian sambil KKN, dosen pembimbing 2 yang tiba-tiba mesti diganti, ditinggal kaprodi ke luar kota, penelitian yang mestinya cuma 2 minggu malah jadi sebulan gara-gara... ah, sudahlah, yang berlalu biarlah berlalu. Nggak nyangka aja bisa ngelewatin semuanya kalo inget yang dulu-dulu :')

Alhamdulillah, beberapa hari lagi wisuda. Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu saya. Skripsi ini saya persembahkan untuk kalian yang luarrr biasaaaaaa~

Lembar motto dan persembahan di skripsi saya =))


5 comments:

  1. Eva sudah wisuda aja ya.
    Gue tinggal beberapa sidang lagi.

    Doain ya, segera bisa menyusul juga. Aamin :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Semangattt yaaaaaaa.
      Jangan ditunda-tunda. Sesulit apa pun rasanya, kerjain aja :D

      Delete
  2. Knapaaa ga nanya aku aja kak epa, kalo masalah pembelajaran multimedia, itu makanan aku lohhh, liat deh postingan pas aku ujian praktek smk, kan bikin begituan, unyu2 pulaaaaa woooo wkwkwkw

    Tapi selamat lohhh udah wisuda ajaaa, doain nih yg baru semester 3 -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. TELAT SAN TELAAAAAAATTTTTTT

      iyooo mangatttt san.
      tinggal 5 semester lagiiii.

      Delete
  3. Dhynasaurus sudah sarjana ciyeee... Selamat, Din. Skripsi itu emang susah, yang paling susah bagaimana memulainya *benerin poni*.
    Jadi penasaran sama pertanyaan pembimbing yang tidak mau diceritakan ngahaha.

    ReplyDelete

Hai, guys. Tinggalin komentar di sini, ya. Yang punya blog lagi jumpa fans di luar angkasa.