Sunday, March 16, 2014

#AsemManisCinta Bikin Jatuh Cinta

Assalamu'alaikum^^

"Alhamdulillah" adalah ungkapan paling tepat untuk menggambarkan 2014. Walaupun baru memasuki bulan ke-3, tapi saya sudah begitu banyak mendapati momen keren dan mengharukan. Mulai dari IPK yang aman, liburan semester yang sangaaattt menyenangkan, dan juga karena terbitnya buku karya grup blogger paling keren sepanjang zaman.

Nah, lemme tell you about the last one. Yap, tentang buku dari grup blogger keren yang baru aja terbit, siapa lagi kalau bukan grup Blogger Energy. Pertama-tama, saya ucapkan terimakasih dulu deh buat Ranger Ijo yang udah nyemangatin saya buat ikutan NBBE (Nulis Bareng Blogger Energy). Aku tanpamu butiran debuuu (っ˘з˘)っ

Pokoknya kalau inget gimana awal-awal project NBBE, rasanya terharu sekaligus bangga. Nggak nyangka aja naskahnya bisa diterbitin sama penerbit yang udah punya nama. Dan lebih bangga setelah tau kalau tulisan saya *ehem* ada di buku itu juga. Sombong? Woyadong! :D

Tanpa perjuangan yang begitu berat, saya berhasil dong dapet buku Blogger Energy yang judulnya Asem Manis Cinta. Duh, covernya aja udah bikin jatuh cinta. Unyuk banget, Maaak! 



Judul : Asem Manis Cinta
Hal : 162 Hal
Harga : Rp 40.000,00
Penerbit : Grasindo

Ternyata...cover dan isi berbanding lurus. Bagus! Buku ini udah kayak narkoba, bikin candu. Well, saya belum pernah nyobain narkoba, tapi saya tau kalau efeknya begitu. 

FYI ya, bagian Kata Pengantar aja udah bikin ngakak, apalagi isinya. Eh, tapi nggak semua cerita sih bikin ngakak. Ada juga cerita yang bikin sedih gitu. Makanya judulnya emang pas banget; Asem Manis Cinta. Ada yang asem, ada yang manis, tapi semua berkisah tentang cinta #tsaaah.

Ini nih sedikit pendapat saya tentang 12 cerpen yang ada di buku Asem Manis Cinta :

1. Paket Cinta dari Linn (@sandalpedottt)
Nah, saya suka banget sama cerita ini. Jadi, Kak Sandal menceritakan kisah cinta semasa SMA-nya. Tentang sahabatnya yang kemudian jadi pacar, dan berakhir jadi... eh udah deh, nggak mau spoiler. Ceritanya bikin ngakak dan terharu deh pokoknya.

2. Cintaku di Ujung Angka 13 (@meifariwis)
Judulnya aja udah bikin penasaran. Apa coba hubungan antara cinta dengan angka 13? Ternyata di sini Kak Mei menceritakan tentang salah satu kepercayaan orang Jawa yang terkait dengan angka 13. Mau tau apaan? Makanya beli bukunya dan kamu akan tau jawabannya!

3. Kisah Kasih Kasihan (@edotzherjunotz)
Abang yang satu ini emang jagonya bikin orang ngakak lewat tulisan. Di sini, Bang Edotz juga nyeritain kisah cinta semasa SMA-nya. Masih nggak nyangka aja sih kalau ternyata Bang Edotz bisa merasakan cinta *eh.
Yap, sesuai judulnya; kisah cintanya Bang Edotz bakal bikin siapa aja yang membacanya kasihan kepadanya. Pukpuk, Bang.

4. Ketika Santri Gaul Jatuh Cinta (@fauezhiie)
Gimana coba kalau santri jatuh cinta? Nah, ceritanya Si Fauzi ini adalah santri yang pengeeen bangettt punya pacar, tapi sayangnya dia mengalami kebutaan. Bukan buta mata, tapi buta terhadap asmara #eaaa. Kocak deh ceritanya!

5. Pe-Ha-Pe (@terlahircupu)
PHP itu nyesek nggak sih? Nyesek dong ya! Yap, pas banget sama ceritanya Kak Cupu yang berhasil bikin saya ikutan nyesek setelah baca kisah cinta (yang tentunya berujung PHP) di jaman SMA-nya.

6. Cinta Benar Salah (@yooghaS_)
Yoga nyeritain kisah cintanya bareng cewek yang dia kenal dari Facebook. Ah, Yoga emang jago nih bikin pembaca terbawa sesuana. Dari suasana yang sweet, sampai yang nyesek to the max T_T

7. Hal Sepele Apa Aja Sih yang Bisa Bikin Orang Pacaran Berantem (@Ichsanrmdhni)
Di sini Si Ichsan nggak nulis tentang kisah cintanya, tapi nulis tentang (silahkan baca judul). Si Ichsan nulis tentang lika-liku pacaran. Dia mencoba untuk menyadarkan pembaca bahwa cinta itu penuh dengan suka dan juga duka. Dia emang gitu, kadang sok tau. Tapi tenang aja, tulisannya banyak benernya juga. Muahahaha.

8. Cuplis Bikin Miris (@bayubuna_)
Bang Bayu nulis kisah masa SMA juga nih. Ada banyak bagian yang bikin ngakak maksimal. Kisah cintanya Bang Bayu miris. Dan itu semua gara-gara cowok bernama Cuplis.

9. Ten Minutes (@Amii_Potabuga)
Satu yang menonjol dari tulisan Kak Ami, yaitu kata-kata dalam ceritanya yang terangkai dengan indah #tsaaah. Iya, puitis-puitis gimanaaa gitu. Kisah Kak Ami ini romantis, bikin pembaca (terutama cewek) jadi berkhayal ada di posisi Kak Ami. Ihiyyy.

10. Penembakan Kelabu (@nurulprayoga)
Bagian Si Oga bikin shock! Bukan karena ceritanya, tapi karena fotonya yang tiba-tiba muncul di halaman 132. Si Oga nyeritain tentang gebetannya gitu. Sebelum baca ceritanya di buku ini, saya mengikuti perkembangan cerita terkait gebetannya di blognya. Ceritanya selalu sukses bikin ngakak. Maaf, Ga. Aku tertawa di atas kepedihanmu :'')

11. My Pinky Boy (@eva_dino)
Nggak cuma ceritanya yang kece, tapi penulisnya juga. Muahahahaha. Jadi di sini, Si Eva *awkward* nulis tentang kisah cintanya bareng cowok unyu yang suka warna pink ._.

12. Dia (@efnumu)
Kak Efnu cerita tentang cewek yang dia kenal dari Facebook. Selain berhasil bikin ngakak, cerita Kak Efnu juga berhasil bikin... merinding. Ceritanya ada unsur mistis-mistisnya gitu deh.

Nah, itu dia 12 cerita di Buku Asem Manis Cinta. Tapi tenaaang... ceritanya nggak cuma sekedar bikin pembaca ketawa, terharu, atau ikutan nyesek aja. Di setiap cerita, akan selalu ada hikmah dan pelajaran berharga buat pembaca. Nggak rugi deh kalau kalian beli buku ini.

Buku ini udah ada kok di Gramedia dan toko buku di seluruh Indonesia loh. Yuk dibeli buruaaan! Sebelum kehabisaaan! 

Buku Asem Manis Cinta, sukses bikin jatuh cinta. Iya, sama bukunya.

5 comments:

  1. waaah komplit banget ya ngasih gambaran per babnya...
    untung disemangatin ranger ijo ya dulu~ kalo enggak bisa2 gak ada nama si epa di buku ini~

    memang asem manis cinta bikin bahagia~

    ReplyDelete
  2. Eh ada namaku disitu... icikiwir aseeek
    ayooo cepet beli, dijamin gak nyesel asiik

    ReplyDelete
  3. ini bener-bene rniat nih ngereviewnya. Salut banget.

    Perbab diceritain secara ngambang dna sukses bikin yang baca bertanya-tanya "emang ceritanya gimana sih?"

    Asem Manis Cinta emang buku yang keren, setuju sama kamu, gak cuma covernya aja yang bagus, tapi kualitas tulisannya juga

    ReplyDelete
  4. makin pengen beli tuh buku, tapi masih otw nabung hehe.
    sukses terus buat komunitas Blogger Energy

    ReplyDelete
  5. bikin jatuh cinta itu yang gak tahan

    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx

    ReplyDelete

Hai, guys. Tinggalin komentar di sini, ya. Yang punya blog lagi jumpa fans di luar angkasa.