Saturday, February 22, 2014

Nostalgila Masa SMA

Assalamu'alaikum^^

Terkadang... membuka kembali kenangan lama dapat menimbulkan beberapa gejala. Ada yang terluka, ada yang bahagia. Ada yang seketika berduka, ada yang seketika ketawa kayak orang gila.

Itulah yang saya alami hari ini. Campur aduk rasanya saat membuka kembali kenangan semasa SMA yang masih tersusun rapi. Well, di postingan ini, saya bakal cerita tentang kisah semasa SMA. Bukan kisah kasih di sekolah, bukan tentang guru-guru yang doyan marah, bukan tentang anak-anak yang kelewat narsis, bukan juga tentang anak-anak yang suka ngutang di Abang Kopsis. Ini cerita tentang temen-temen sekelas saya. Kenapa mereka? Ih, mau tau aja! *ditoyor*

Mungkin bagi sebagian orang, masa-masa SMA adalah masa-masa yang paling indah. Iya, menurut saya juga begitu. Tapi saya butuh waktu yang cukup lama untuk membuktikan kebenaran, kevalidan, dan keabsahan pernyataan tersebut. 

Waktu kelas XI, saya berhasil masuk di jurusan IPA dan bahkan masuk di kelas unggulan. Udah jelas dong ya anak-anak di sana pinter semua. Selain pinter, kebanyakan mereka (mungkin termasuk saya ._.) egois dan nggak peduli teman. Kalau ada PR dan ulangan, pasti dikerjain sendirian. Nggak ada tuh istilah kerja sama, nyontek, dan ngerjain PR di sekolah barengan. Nggak seru? Emang!

Awal masuk di kelas itu, saya agak kaget karena ternyata anak-anak di sana punya hobi aneh, yaitu hobi belajar. Selain hobi belajar, mereka juga hobi banget bawa buku pelajaran yang ukurannya besar-besar. Beda banget sama saya yang cuma belajar serius kalau ada ulangan doang.

Selama kelas XI, saya duduk di bangku paling belakang. Biasanya anak-anak yang duduk di deretan belakang identik dengan anak-anak "nakal". Bukan kemauan saya buat duduk di belakang, tapi semua temen-temen di sana pada berebutan supaya bisa duduk di bangku depan. Karena nggak memiliki jiwa persaingan yang tinggi, saya harus terima nasib duduk di belakang selama satu tahun ke depan. Jaman SMA ini beda banget sama jaman SD dan SMP. Waktu SD dan SMP, malah nggak ada tuh yang mau duduk di depan. Iya, kan?

Nggak cuma kaget sama hobi mereka yang suka belajar berlebihan, saya juga kaget sama tingkah mereka sehari-hari. Waktu bel istirahat bunyi, saya langsung pergi ke kantin. Pas balik dari kantin, ternyata nggak ada satu pun dari mereka yang keluar kelas. Mereka masih duduk dan sibuk sama buku pelajaran. PR yang dikasih barusan, langsung dikerjain saat itu juga sama mereka. Saya? Lebih suka ngerjain PR menjelang hari H. Muahahaha.

Ini nih foto-foto mereka yang hobi belajar di jam istirahat :







See? Betapa rajinnya mereka :|

How about me? Biasanya pas jam istirahat atau pas nggak ada guru, saya bareng geng ngumpul di bangku belakang. Kami nyanyi-nyanyi, fotoan, dan makan-makan. Malah kadang di saat temen-temen lain fokus sama buku pelajaran, kami se-geng malah fokus ngeliatin gebetan anak-anak kelas lain yang lagi olahraga di lapangan. Keren, kan? :3

FYI, walaupun saya jarang masuk kelas karena sibuk ngurusin OSIS, walaupun saya sering kena tegur guru gara-gara sering ngobrol pas jam pelajaran, dan walaupun saya cuma belajar serius pas ulangan doang, tapi saya selalu dapet juara 3 besar di kelas. Malah 2 kali dapet juara satu #DUNIA #HARUS #TAU.

Berdasarkan cerita temen, di kelas itu ada beberapa orang yang nggak suka sama saya. Kata mereka, saya yang selalu santai kayak di pantai aja bisa dapet juara. Sedangkan mereka yang belajar tiap siang dan malam sampai lupa makan nggak dapet apa-apa :|

Nah, sampai di sini kalian pasti berpikir kalau kelas saya ngebosenin dan minta banget ditinggalin. Iya, saya juga mikir gitu. TAPI... setelah naik ke kelas XII, perlahan semua berubah. Keegoisan dan sifat kekanak-kanakan perlahan menghilang. Kami mulai akrab dan sering main bareng. Bahkan kami bikin nama buat kelas kami. Namanya SA1CO (Sains 1 Community).

Tiap pagi, kami ngerjain PR barengan. Tiap ulangan, kami udah mulai berani noleh kiri-kanan. Tiap jam istirahat, kami semua makan bareng di bangku belakang. Ah, ini yang namanya SMA!

Banyak kegiatan seru yang kami lakuin bareng-bareng. Mulai dari baksos di Panti Asuhan, jalan-jalan, sampai kunjungan ke rumah temen-temen pas lebaran. Ke-so-sweet-an ini berlangsung selama kelas XII. Banyak yang nyesel, kenapa nggak dari dulu kami kayak gitu? Inget guys, semua hal spesial selalu butuh waktu. #uhuk


Menjelang Ujian Nasional, kami mendadak melow. Ujian Nasional makin dekat, artinya kami bakal pisah makin cepat. Ah, pokoknya berasa banget nyeseknya waktu mau pisah sama mereka. Apalagi sebagian besar bakal kuliah di luar kota. LDR deh kita.

Kerennya, tiap liburan semester kami selalu nyempatin diri buat jalan-jalan bareng. Kayak minggu lalu, misalnya. Beberapa temen yang kuliah di Jawa pulang ke Lombok. Dan kami jalan-jalan bareng.




Waktu dapat mengubah banyak hal. Mengubah perasaan, keadaan, bahkan sikap seseorang. Nggak semua orang suka perubahan. Tapi perubahan bersama kalian adalah perubahan terindah yang pernah saya dapatkan. Thanks for being my besties, guys! Masa SMA makin berwarna karena kalian semua. #eaaaa.



9 comments:

  1. Berasa sama nih...
    thanks eva buat postingannya jadi keinget.

    Sukses buat GA-nya

    ReplyDelete
  2. Cikiw kita saingan nih kak epa. Tp tetep kan kita selalu satu genk? Wkwkwk
    Oalah jadi kls 2 masih jaim jaiman? Kaya darwis di kampus aku dong? *dikeplak
    Semoga menang kak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woyadong tetep geng B))

      Muahahaha
      Awalnya jaim-jaiman, lama kelamaan jadi sahabatan :3

      Delete
  3. gak bisa ngebayangin gimana hidup di lingkungan anak2 yang terlalu hyper belajar. kalo gue udah stres banget pasti haha

    tapi untung elu anak pnter, untung juga akhirnya kelas elu perlahan2 jadi kelas yang asik dan nyaman , temen2nya udah pada insap. jadi punya momen seru pas SMA deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya juga agak stress sih, Bang..
      Tapi saya mampu bertahan '-')9

      Asik dibilang pinter ~~~\o/

      Iya, walaupun berasa serunya di tahun terakhir :))

      Delete
  4. wow, salut dengan yang belajar di waktu istirahat. nah kalau aku malah istirahat di waktu belajar, hehehe :p

    ReplyDelete
  5. Tulisannya bikin aku keinget masa SMA, sekitar satu tahun yg lalu saya lulus dr SMA dan rasanya sekarang rindu akan masa2 itu :/

    ReplyDelete
  6. ahhh sama aja kali kak epa, aku juga nggak pernah belajar pas jam istirahat, nggak pernah belajar serius pas mau ulanggan, santai aja kaya di pantai, tapi ehhhh bisa juara juga..... bejo kali yak wkwkwkw...

    aduh ini true story nya ngerik ya, moga menang yaa :D

    ReplyDelete

Hai, guys. Tinggalin komentar di sini, ya. Yang punya blog lagi jumpa fans di luar angkasa.