Friday, January 10, 2014

Film Korea yang Menguras Air Mata

Assalamu'alaikum^^

Annyeonghaseyo, chingu.
Apa kabar?
So, on this post, I'm going to share some of Korean Movies which totally made me cry.

Eh, bentar, ini sebenarnya saya orang mana sih -_- Bahasanya campur-campur gini. 

Emmm, FYI aja sih, walaupun muka saya manis kayak orang India, walaupun saya suka (sok-sokan) ngomong pake Bahasa Korea, dan walaupun banyak yang ngira saya dari Amerika, tapi sebenernya saya ini orang Indonesia. Apa? Kalian udah tau? Well, sepertinya everybody knew :|

Nah, seperti yang sebutin di atas, kali ini saya mau share beberapa film Korea yang berhasil menguras air mata. Walaupun keliatannya saya ini selalu bahagia, ceria, dan cantik jelita, but deep in my heart, sebenarnya saya ini rapuh. Saya sering nangis kalau nonton Film Korea :|

Eh tapi yang sering bikin nangis itu film yang berkisah tentang keluarga aja loh ya. Kalau yang berkisah tentang percintaan, sesedih apa pun kata orang-orang, nggak bakal bikin saya nangis. Keren, kan? B)

Udah ah basanya yang terlalu basi ini. Langsung aja, ini dia Film Korea yang menguras air mata versi saya :


1. Miracle in Cell No 7 (2013)
Kisahromance, Film Korea, Miracle in Cell No. 7
source
Film ini menceritakan tentang kisah seorang ayah yang mengalami keterbelakangan mental. Si ayah punya anak cewek berumur 6 tahun. Walaupun hidup dalam kesederhanaan, mereka berdua sangat bahagia.

Suatu hari, si ayah dituduh membunuh seorang anak kecil dan si ayah harus masuk penjara karenanya. Anaknya sedih banget dong pas tau kalau ayahnya masuk penjara. Si anak yakin banget kalau ayahnya itu orang baik dan sama sekali nggak bersalah. Nah, di penjara tersebut si ayah masuk ke dalam sel yang penghuninya adalah beberapa om-om. Awalnya si ayah dibenci sama om-om itu, tapi lama-kelamaan mereka semua jadi bersahabat. Entar om-om itu juga bakal sahabatan sama anaknya si ayah. Film ini nggak cuma bikin nangis, tapi juga bikin ngakak gara-gara tingkah konyol mereka di penjara.

Dan ending film ini itu "nyesss" banget. Sepertinya saya mengeluarkan segalon air mata gara-gara film ini. Film ini recommended banget buat yang suka film sedih.

2. Harmony (2010)
source
Film ini menceritakan tentang kisah para tahanan di penjara khusus perempuan. Beberapa dari mereka masuk penjara karena kasus pembunuhan. Sebenarnya mereka membunuh bukan karena mereka jahat, tapi karena mereka dalam keadaan yang "terdesak". Mereka semua baik-baik kok.

Mungkin kebanyakan dari kita taunya kehidupan di penjara itu keras dan kejam. Tapi di film ini, kehidupan di penjara sangat kental dengan unsur kekeluargaan dan persahabatan antar narapidana.

Suatu hari, seorang narapidana mengusulkan agar para narapidana membentuk tim paduan suara. Awalnya banyak yang nggak setuju, tapi akhirnya tim paduan suara itu terbentuk juga. Di sini nih kerennya. Mereka yang kebanyakan basicnya nggak bisa nyanyi, jadi jago nyanyi dalam waktu 6 bulan. Penampilan perdana mereka kereeen banget >.<

Walaupun diselingi banyak humor, tapi tetep aja film ini menguras air mata. Sepertinya saya mengeluarkan sebaskom air mata gara-gara film ini. Dan lagi, film ini recommended banget buat yang suka film sedih.

3. Miracle of Giving Fool (2008)
source
Film menceritakan tentang seorang cowok berusia 27 tahun yang mengalami keterbelakangan mental sejak masih SD. Dia mengalami keterbelakangan mental bukan dari lahir, tapi karena suatu insiden di rumahnya dulu. Setelah ayah dan Ibunya meninggal, dia cuma hidup berdua bareng adik ceweknya yang masih SMA. Nah, adiknya ini malu punya kakak yang mengalami keterbelakangan mental. Adiknya nggak pernah nganggep dia sebagai kakaknya. Tapi kakaknya selalu sayang sama adiknya karena Alm Ibunya selalu berpesan supaya dia selalu menjaga adiknya dengan baik.

Adegan yang paling bikin sedih itu pas si adik marah-marahin kakaknya. Walaupun dimarahin dan digalakin, kakaknya tetep woles aja sambil masang senyum nggak berdosa. Nyesek banget liatnya, men!

Oh iya, hari-hari si cowok jadi lebih berwarna setelah teman masa kecilnya (yang cantik banget) balik ke Korsel setelah bertahun-tahun sekolah di Eropa. Tjieee banget lah mereka :3

Tapi tetep aja filmnya sedih. Apalagi endingnya. Nyesekkk. Sepertinya saya mengeluarkan sebotol gede air mata gara-gara film ini. Dan lagi-lagi, film ini recommended banget buat yang suka film sedih.

4. Long Visit (2010)
source
Pada awalnya, film ini menceritakan kisah sebuah keluarga kecil yang terdiri dari ayah, ibu, anak cewek, dan anak cowok. Mereka adalah keluarga yang sangat sederhana dan tinggal di sebuah desa. Ayah bekerja sebagai supir bus. Terkadang ayah sering marah-marah sampai mukulin ibu kalau lagi ada masalah. Tapi sebenarnya ayah ini baik sih.

Terus, si ibu ini sayang banget sama anak ceweknya. Pokoknya everything she did for her daughter deh. Dan sikap Sang Ibu tersebut kebawa-bawa sampai si anak remaja dan dewasa. Pada masa kecil, si anak cewek sayaaaaaang banget sama ibunya. Menjelang remaja, si cewek mulai agak galak gitu sama ibunya, malah ada adegan si cewek ngusir ibunya dari sekolah gara-gara dia malu sama dandanan ibunya yang kampungan. Seriously, adegan itu bener-bener menguras air mata banget. Dan pas dewasa, walaupun udah nikah, si cewek pengen menghabiskan banyak waktu sama ibunya because of something.

Endingnya nyesekkk. Sepertinya saya mengeluarkan seliter air mata gara-gara film ini. Dan lagi-lagi-lagi, film ini recommended banget buat yang suka film sedih.


5. Hello Ghost (2010)
source
Dari judulnya, awalnya saya pikir film ini bergenre horror. Tapi ternyata saya salah besar karena film ini sama sekali nggak ada serem-seremnya. Film ini menceritakan tentang hidup seorang cowok yang kesepian, stress, depresi, dan frustasi sama hidupnya sendiri. Beberapa kali dia mencoba bunuh diri, tapi dia selalu gagal mati.

Hingga suatu hari, saat di rumah sakit dia bertemu empat hantu berbeda usia. Ada yang seumuran kakek-kakek, bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak kecil. Dan untuk seterusnya, ke-empat hantu ini selalu mengikuti ke mana pun si cowok pergi.

Well, awal film ini sebenarnya agak absurd dan membosankan. Bayangin deh, kita sebagai penonton "dipaksa" untuk mengikuti kisah si cowok yang nggak ada semangat hidupnya. Sangat membosankan. Belum lagi keberadaan ke-empat hantu tersebut yang pada awalnya saya pikir bakal bisa membangkitkan suasana menjadi sedikit lebih ceria, eh tapi ternyata biasa aja.

Tapiiiiiiiiiiiiiiiii....... semua ke-absurd-an dan kebosanan itu sirna seketika saat menjelang menit-menit terakhir. Endingnya bener-bener unpredictable. Mungkin kata "WOW" adalah kata yang tepat untuk ending film ini. Selain bikin kaget, endingnya juga bikin mewek.

Walaupun saya cuma mengeluarkan segelas air mata untuk film ini, tapi saya rasa film ini recommended buat kalian yang suka film sedih.



Nah, itu tadi sedikit cerita tentang 5 Film Korea yang menguras air mata versi saya. Oh iya, sengaja saya nyebut nama tokohnya dengan "si ayah", "si adik", "si kakak", soalnya ribet banget kalau nyebut nama asli pemerannya. You know lah nama-nama orang Korea kan ribet-ribet, muahahaha.

Sebenarnya masih banyak lagi film-film sedih lainnya yang udah saya tonton. Entar deh kapan-kapan saya post lagi di sini. Eh iya, kalau kalian mau nonton film-film ini, remember to prepare a box of tissues on your side yaaa :D

Toodles ~

26 comments:

  1. Hello ghost dan Miracle in Cell No.7, dua film korea yg udah gue tonton. Dan dua-duanya berhasil bikin air mata ini ngucur drastis. Korea emang jagonya deh bikin film yg beginian :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, kamu yang cowok aja nangis, apalagi sayaaaaaa \(O_O)/

      Delete
  2. Yang sempet nonton cuman Hello Ghost
    Suka sama Cha Tae Hyun mukanya melas gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deng, mukanya Cha Tae Hyun emang melas.
      Makanya kebanyakan dia main di film sedih aja :))

      Delete
  3. miracle in cell no 7 adalah film korea paling kurang ajar sedihnya

    ReplyDelete
  4. Sama..miracle in cell no 7..cinta seorg ayah yg luar biasa pda anaknya,dan hukum sering gk berpihak pda yg lemah

    ReplyDelete
  5. dah nonton semua . long visit, harmony. paling gak kuat nontonnya.

    ReplyDelete
  6. wedding dress film sedih yang paling recomended dari saya,really sad,nangis mampus,juara pokok nya nih film...nyesel klo g nonton

    ReplyDelete
  7. wedding dress film sedih yang paling recomended dari saya,really sad,nangis mampus,juara pokok nya nih film...nyesel klo g nonton

    ReplyDelete
  8. film miracle in cell no.7 itu sedih banget...........

    ReplyDelete
  9. semua judul di atas pernah ane tonton. n yg jadi rajanya miracle in the cell no 7.,.,

    ReplyDelete
  10. semua ane dah tonton n jd rajanya miracle in the cell no 7.,. lok gg nangis perlu diperiksain tu otaknya

    ReplyDelete
  11. i like miracle in the cell no 7

    ReplyDelete
  12. windstruck + my sassy girl paling ngena menurut ane , sekedar nambahin :D

    ReplyDelete
  13. more than blue juga menguras air mata,sad movie

    ReplyDelete
  14. Miracle in the cell no 7..sadis ni pelm dah...sdihny lbh parah dibnding pas dputusn!!!

    ReplyDelete
  15. Miracle In Cell no 7 gilaaa sedih bgt, saya anjurkan nonton Koizora ya ini film nya sedih juga

    ReplyDelete
  16. wedding dress masukin lis :) itu film korea pertama yang aq nangisnya sampe setengah jam buat satu film -__-

    ReplyDelete
  17. kalo menurut ane yg paling sedih itu heart is hearty paw....

    ReplyDelete
  18. No. 1, Miracle in Cell No.7, nangis bombay haha

    ReplyDelete
  19. miracle in cell no. 7 menguras air mata.. apa lagi pas yon go mau di eksekusi..

    ReplyDelete
  20. tp yg juarany menurut ane sih wedding dress. nonton berkali" pun tetep nangis ..

    ReplyDelete
  21. miracle in cel no.7 aseliii gila abis air mata guee

    ReplyDelete
  22. yang baru unforgetable/pure love asli sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah itu gua dah nonton , gilaa sedih bgt , hbs sepack tissue nonton ini

      Delete
  23. hearty paws bulvaaa

    ReplyDelete

Hai, guys. Tinggalin komentar di sini, ya. Yang punya blog lagi jumpa fans di luar angkasa.