Tuesday, September 27, 2022

Anxiety Disorder Survivor (Part 2)

Assalamu'alaikum^^

Wohooo, I'm so proud of myself!

Hari Minggu, tanggal 25 September, untuk pertama kalinya aku ke mall lagi setelah hampir tiga bulan aku cuma di rumah, ke kantor, dan ke Rumah Sakit. Aku ke mall mau nyari sepatu, makan, dan nonton. Awalnya orang tuaku ragu, tapi aku meyakinkan mereka bahwa aku bakal baik-baik aja dan aku janji bakal pulang sebelum malam. Ya, umurku udah hampir kepala tiga, tapi aku masih diperlakukan kek anak TK. 

Tentunya aku nggak sendiri. Aku dijemput sahabatku yang cuma sebiji, namanya Susanti. Sesuai rencana, pukul 11 kami ke Epicentrum Mall dulu untuk beli sepatu dan makan. Di jalan aku ngerasa baik-baik aja. Tapi ketika masuk parkiran mall, aku mulai ngerasa sedikit anxious

Susan nyuruh aku gandeng tangannya supaya aku nggak hilang karena kepalaku agak pusing ngeliat keramaian. Aku yang biasanya picky kalau beli sepatu, akhirnya cuma milih bentar dan langsung bayar. Bulan Desember nanti ada acara yang saaangattt penting buatku, jadi aku beli high heels brokat yang tingginya lebih dari 5 cm, biar aku keliatan tinggi kek Anya Geraldine.

Setelah beli sepatu, kami langsung ke Burger King untuk makan. Sebenernya aku pengen makan ramen, sushi, dan gyoza, tapi aku takut lambungku ngamuk. Jadi aku makan yang aman-aman aja.

Setelahnya kami ke BreadTalk buat beli roti untuk bekal nonton di bioskop. Jangan ditiru ya. Adegan ini hanya untuk orang yang bernyali dan nggak tahu diri. Tapi kami nggak nonton di Epicentrum. Soalnya di Epicentrum cuma ada XXI dan tiketnya mahal banget kalau weekend, wkwk. Jadi kami ke Mataram Mall yang ada Cinepolis-nya. Tiketnya murah, cuma 35K.

Mataram Mall biasanya sepi. Jadi kami ngerasa bakal aman nih buatku. Ternyata dugaan kami salah, saudara-saudara! Di lantai satu ada acara. Nggak tau deh acara apaan. Rame banget. Ada bocil-bocil lagi nari ballet di stage. Beuh, pasti mereka anak orang kaya.

Aku masih baik-baik aja karena yakin bioskopnya bakal sepi. Ternyata dugaanku salah lagi, saudara-saudara! Gara-gara film One Piece lagi tayang, bioskopnya dipenuhi bocil yang ditemenin orang tuanya. Atau mungkin orang tuanya yang ditemenin anaknya? Agak pusinglah kepalaku dengan keramaian duniawi ini.

Aku bareng Susan nonton film Miracle in Cell No. 7. Cari penyakit emang. I hate sad movies dan sebenarnya aku disuruh menghindari hal-hal yang bikin sedih/nangis sama psikiaterku. Tapi aku penasaran sama film ini karena katanya versi Indonesia-nya lebih bagus daripada versi Korea-nya.


Menurutku masih lebih bagus versi Korea. Tapi versi Indonesia juga keren! Acting Vino G. Bastian berhasil bikin Susan nangis tersedu-sedu sampai ngabisin banyak tisu. Kalau aku sih nggak terlalu nangis soalnya udah liat trailer dan spoiler-nya di TikTok. Trus jokes-nya juga pecah! Aku kasih nilai 8/10 untuk film ini.

Sesuai janji, aku sampai di rumah sebelum maghrib. Alhamdulillah, badanku nggak terlalu lemes. Cuma puyeng dikit aja. Biasanya aku bisa lemes, sesak napas, dan mual banget kalau ketemu banyak orang.

Trus malemnya, entah kenapa aku kepikiran buat nge-post tentang my journey as an anxiety disorder survivor di instagram story. Deg-degan. Takut banget dikira attention seeker karena selama ini aku nggak pernah nge-post apa pun tentang penyakitku di instagram. Temen-temen di instagram taunya aku sering jalan-jalan dan kulineran.

Nggak nyangka, aku malah disemangatin beberapa temen lama. Ada beberapa temen juga yang cerita bahwa mereka ngerasain kecemasan berlebih kek aku, jadi kami saling sharing pengalaman. Jujur aja, banyak yang nggak paham sama penyakitku ini. Apalagi sakit jiwa masih dianggap tabu. 

Aku lega setelah cerita. Aku juga lega karena temen-temen kantorku nge-view story-ku dan nyemangatin juga. Kadang aku bingung gimana ngejelasin ke mereka tentang penyakitku ini. Apalagi tiap Rabu siang, aku mesti izin untuk kontrol ke psikiater. Semoga sekarang mereka lebih paham dan lebih bisa memaklumi kondisiku. 

Yak, sekian ceritanya. Pegel juga ngetik postingan ini lewat hp, wkwk.